Korelasi Komposisi Jaringan Thorak dengan Dosis Radiasi pada Pemeriksaan CT Scan

Jurnal Pengawasan Tenaga Nuklir edisi Desember 2022 membahas penelitian tentang hubungan antara komposisi jaringan thorak dengan dosis radiasi yang diterima pasien dalam pemeriksaan CT Scan thorak. Penelitian ini menunjukkan bahwa volume jaringan lunak dan tulang pada thorak memiliki pengaruh signifikan terhadap dosis radiasi, sementara volume udara tidak memberikan pengaruh berarti.

Credit: Pixabay
Credit: Pixabay

Dengan metode retrospektif yang dilakukan pada 100 pasien, penelitian ini menemukan bahwa peningkatan volume jaringan lunak dan tulang meningkatkan dosis radiasi yang diterima, ditandai dengan nilai korelasi yang signifikan secara statistik. Temuan ini penting untuk membantu praktisi medis, termasuk dokter radiologi dan radiografer, dalam mengoptimalkan protokol pemeriksaan untuk meminimalkan paparan radiasi pasien tanpa mengurangi kualitas gambar radiograf.

Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya optimisasi proteksi radiasi dan penerapan Tingkat Panduan Diagnostik (DRL) dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien di Indonesia.

Baca/unduh hasil kajian di sini

Posting Komentar untuk "Korelasi Komposisi Jaringan Thorak dengan Dosis Radiasi pada Pemeriksaan CT Scan"