BAPETEN Keluarkan Pedoman Pengelolaan Limbah Radioaktif di Fasilitas Kedokteran Nuklir

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) secara resmi merilis pedoman baru untuk pengelolaan limbah radioaktif di fasilitas kedokteran nuklir. Pedoman ini bertujuan untuk menjamin keselamatan radiasi di berbagai fasilitas yang memanfaatkan zat radioaktif dalam layanan kesehatan.

Dengan adanya Pedoman Teknis Pengelolaan Limbah Radioaktif di Fasilitas Kedokteran Nuklir, fasilitas kesehatan yang menggunakan teknologi nuklir diharapkan dapat mematuhi regulasi keselamatan radiasi yang telah ditetapkan. Pedoman ini disusun untuk membantu fasilitas kedokteran nuklir dalam mengelola limbah radioaktif secara aman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami ingin memastikan bahwa pengelolaan limbah radioaktif di fasilitas kedokteran nuklir dilaksanakan secara tepat, aman, dan sesuai standar keselamatan radiasi yang berlaku," ujar Taruniyati Handayani, Kepala Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, BAPETEN.

Pedoman ini juga memberikan rekomendasi untuk praktik pengumpulan, pengelompokan, penyimpanan sementara hingga penetapan klierens dan pelepasan limbah radioaktif ke lingkungan​.

Baca/unduh dokumen di sini.

Posting Komentar untuk "BAPETEN Keluarkan Pedoman Pengelolaan Limbah Radioaktif di Fasilitas Kedokteran Nuklir"